Cara Promosi Produk Bisnis di Internet
Cara promosi produk bisnis di internet. Pada dasarnya ada 2 jenis promosi di media internet jika dilihat dari segi biaya, yaitu promosi gratis dan promosi berbayar. Dimana promosi gratis adalah promosi yang tidak mengeluarkan uang untuk ditukarkan dengan traffic. Sedangkan promosi berbayar sebaliknya. Kita menukarkan sejumlah uang untuk mendapatkan traffic. Traffic adalah pengunjung yang datang melihat hal yang kita tawarkan atau kita promosikan.

Jika kita berbisnis menggunakan BBM, maka traffic adalah pengunjung yang melihat penawaran dan pin BBM kita. Kemudian pengunjung tersebut diharapkan akan menambahkan pin BBM kita sebagai kontak di BBM miliknya. Setelah pengunjung sudah menambahkan pin BBM kita untuk menjadi kontaknya, itulah saatnya kita bisa berkomunikasi dengan mereka. Kita kemudian bisa melakukan transaksi jual beli.

1. Traffic Gratis 
Jangan tertipu dengan kata “gratis” tersebut. Karena kita juga melakukan pembayaran untuk mendapatkan traffic gratis. Hanya saja pembayarannya tidak menggunakan uang, tapi menggunakan Waktu. Maksudnya bagaimana? Contoh : traffic gratis untuk mendapatkan pin BBM diantaranya adalah melakukan barter broadcast BBM dengan sesama pebisnis yang menggunakan BBM. Nah, berapa banyak barter broadcast BBM yang bisa dilakukan dalam satu hari, dalam satu minggu, atau dalam satu bulan?

Bisa tidak kita mentargetkan akan mendapatkan 1500 kontak BBM dalam satu minggu misalnya? Itu salah satu contoh bagaimana kita mendapatkan kontak BBM dengan cara gratisan bertukar broadcast BBM. Contoh lainnya adalah membangun sebuah website dengan menggunakan SEO (Search Engine Optimization) agar website kita mendapatkan traffic dari mesin pencari Google. SEO itu memakan waktu dan tenaga sampai website kita bisa memiliki banyak traffic gratis dari google.

Kalau sudah begitu, bisakah kita mentargetkan berapa banyak pin BBM yang bisa kta dapatkan dalam satu minggu? Jawabannya tidak pasti! Pertanyaan yang lebih jauh lagi, berapa lama kamu bisa mendapatkan income sebesar Rp 1juta/bulan? Rp 5juta/bulan? Rp 10juta/bulan? Jawabannya tetap tidak pasti!

Bagi kamu yang senang dengan gratisan, cara tersebut tidak apa- apa untuk ditempuh. Tapi bagi kamu yang menganggap waktu adalah uang, saya sangat menganjurkan traffic berbayar.

2. Traffic Berbayar

Berbeda dengan traffic gratis yang menukarkan waktu untuk mendapatkan pengunjung. Traffic berbayar menukarkan uang untuk mendapatkan pengunjung. Tapi proses mendapatkan pengunjung terjadi secara instan, saat itu juga ketika kita melakukan transaksi pembelian traffic.

Yang jadi persoalan adalah apakah traffic yang sudah dibeli itu bisa menghasilkan pemasukan untuk kita atau tidak? Kalau tidak menghasilkan uang, maka kita rugi. Kalau menghasilkan uang lebih dari pengeluaran pembelian traffic, maka kita untung. Sederhana.

Untuk itu kita harus memperbesar konversi penjualan dari traffic yang sudah ada. Konversi penjualan adalah bagaimana merubah pengunjung menjadi konsumen yang benar-benar membeli produk kita. Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk mendapatkan traffic berbayar adalah dengan memasang iklan di Facebook (FB Ads).

Facebook adalah situs website ke-2 yang paling banyak dikunjungi di Indonesia setelah Google. Itu artinya banyak sekali pengguna Facebook di Indonesia. Menurut Dan Neary, Wakil Presiden Facebook di Asia Pasifik, dikutip oleh website Tech In Asia, ketika Facebook mendirikan kantornya di Indonesia Maret 2014, ada 65juta akun Facebook yang tercatat aktif di Indonesia. Itu adalah jumlah pengguna yang sangat banyak. Kita sebagai pebisnis online bisa memanfaatkannya untuk mengembangkan bisnis kita di internet.

Apalagi Facebook sudah menyediakan sistem di websitenya yang bisa digunakan untuk berbisnis. Yaitu Halaman Facebook dan Iklan Facebook. Halaman Facebook sering juga disebut sebagai Fanspage. Sedangkan Iklan Facebook sering disebut secara singkat sebagai FB Ads. Perlu diketahui bahwa yang namanya iklan di Facebook itu bukannya membuat status jualan terus menerus. Bukannya menawarkan jualan ke teman-teman kita di Facebook. Iklan di Facebook itu kita membayar ke Facebook agar penawaran kita ditampilkan ke semua pengguna Facebook yang sudah kita pilih kriterianya. Bukan hanya teman-teman kita di Facebook, tapi semua pengguna Facebook!
Pada dasarnya optimasi FB Ads itu mencakup 4 hal, yaitu :Gambar
  1. Gambar,
  2. Headline (Judul)
  3. Body Copy (teks iklan)
  4. Target audience

4 hal yang dioptimasi di atas memiliki urutan seperti itu. Jangan berubah. Maksudnya optimasi dilakukan mulai dari nomor 1, 2, 3, kemudian baru 4 secara berurutan.

Yang pertama adalah gambar. Gambar adalah hal paling awal yang dilihat oleh audience. Kalau gambarnya menarik, mereka pasti akan melihat Headline atau Judul dari iklan yang ditayangkan. Kalau gambarnya kurang menarik, mereka tidak akan melihat-lihat lagi iklan kita. Illustrasinya seperti ini, misalnya kita melihat koran yang tergeletak di meja. Pertama-tama yang mencuri perhatian kita adalah gambar yang membuat kita penasaran untuk membaca headlinenya.

Yang kedua adalah headline. Headline yang bagus akan mempengaruhi audience untuk terus membaca ke teks dari iklan atau body copynya. Seperti koran tadi, kalau headlinenya bisa mencuri perhatian kita, kita akan membaca terus ke berita yang ada di bawahnya. Kalau headlinenya tidak bagus, kita tidak akan membaca beritanya.

Yang ketiga adalah body copy. Inilah hal terakhir yang dibaca oleh audience dari iklan kita. Disinilah kita membuat teks yang baik agar audience mau menambahkan pin BBM kita di BBM miliknya. Pin BBM kita ditulis di body copy ini. FB Ads bisa sangat-sangat bermanfaat bila digabungkan dengan Blackberry Messenger (BBM) untuk membangun bisnis online yang menguntungkan. Disini saya tidak akan menjelaskan penggunaan FB Ads secara detail untuk berbagai macam bisnis. Saya hanya akan menjelaskan khusus untuk bisnis yang menggunakan BBM.

Dan yang terakhir, target audience, yaitu kita menentukan interest dari orang-orang yang nantinya akan melihat iklan kita. Kita menentukan interest yang sesuai dari orang-orang yang sudah kita tentukan profilnya seperti di materi ke-3 sebelumnya.


About Unknown

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply