Optimasi Beberapa Kata Kunci
Stratagi untuk merangking puluhan atau ratusan keywords sekaligus bisa dilakukan dengan membuat website yang sangat berkualitas, yang mempunyai PR dan PA tinggi (web authority). “Web authority adalah web yang memiliki Trust Rank yang baik dari pengguna maupun mesin pencari. Web authority biasanya dipercaya sebagai sumber informasi yang valid oleh pengunjung sehingga tidak jarang pengunjung merekomendasikan web tersebut baik melalui blog maupun social media. Web authority sangat identik dengan content maupun artikel berkualitas yang merupakan hasil dari sebuah penelitian, studi kasus, data dan fakta yang akurat dari seorang yang ahli dibidangnya.

”Tanpa web berkualitas kita akan kesulitan untuk bisa merangking banyak keyword. Dua indicator utama untuk dapat merangking puluhan atau ratusan keyword sekaigus adalah :
  1. Web authority,
  2. Backlink berkualitas dari web-web authority.
Dua hal tersebut lumayan sulit dipenuhi, tetapi jika kita mampu untuk mendapatkan salah satu dari bagian tersebut, maka tujuan kita masih bisa tercapai. “Jika kita tidak bisa memiliki web authority maka kita harus memiliki backlink dari web-web authority. Lalu jika kita memiliki web authority maka backlink yang biasa pun masih berguna untuk optimasi kita.” Contoh web authority:
  • kompas.com,
  • www.detik.com
  • http://health.detik.com
Lalu bagaimana jika kita tidak memiliki web authority dan backlink dari web authority ...?
Caranya adalah dengan membuat web kita seolah-olah web authority dan memang sudah seharusnya kita benar- benar membuat sebuah web authority , bagus dari segi content dan bagus dari sisi SEO. Beberapa criteria web authority adalah :
  1. Content dan artikel berkualitas,
  2. Web / Template SEO friendly,
  3. Aged domain / Domain berumur,
  4. DA/PA bagus,
  5. Social media friendly,
  6. Setiap hari update content,
  7. Banyak web atau pengguna yang memberikan rekomendasi terhadap web tersebut,
  8. Mempunyai akun social media, fan page facebook dan twitter
  9. Setiap kali mereka memposting sebuah artikel maka “natural link building” akan terjadi dimana banyak orang yang memperbincangkan posting tersebut baik di blog, forum maupun social media.
  10. Dan lain lain.

Dari beberapa point diatas maka kita sudah bisa menyimpulkan beberapa point yang bisa kita lakukan adalah :
  1. Content dan artikel berkualitas
  2. Web / Template SEO friendly
  3. Kita masih bisa menggunakan domain baru untuk melakukannya jika kita kesulitan menggunakan Aged domain / Domain berumur
  4. DA/PA bagus
  5. Social media friendly
  6. Tiap hari update content
  7. Dan yang paling penting adalah kita akan meniru “natural link building” web authority tersebut dimana setiap kali kita posting artikel maka kita wajib langsung mengoptimasi url posting atau artikel tersebut tanpa harus menunggu url/posting artikel tersebut di index Google.
Beberapa alasan kenapa kita harus lebih banyak melakukan backlink terhadap Homepage (dalam kondisi tertentu) tidak harus semua web memakai teknik ini:
  1. Homepage / url / root domain lebih kuat dibanding innerpage,
  2. Homepage akan meneruskan link juice lebih bagus,
  3. Web populer lebih banyak disebut / dibahas homepagenya di internet daripada innerpage (Naturalnya seperti itu),
  4. Bagus untuk natural linking environment
  5. Dengan cara seperti ini maka halaman posting yang sudah di optimasi on page nya akan naik dengan sendirinya walaupun kita tidak fokus link building terhadap halaman itu, jika halaman posting tersebut masih belum naik juga, maka lakukan link building tambahan untuk halaman itu, biasanya akan lebih mudah.
Untuk mendapatkan backlink dari web-web authority itu lumayan susah dan perlu waktu untuk menemukan backlink- backlink seperti itu. Pernahkah Anda berpikir bahwa para pemain adsense yang memiliki web dengan traffic ribuan itu expert SEO? Saya rasa anda kemungkinan menjawab tidak. Lalu bagaimana caranya mereka dapat membangun website- website bertraffic ribuan? Jawabannya adalah dengan cara kedua (melalukan Backlinking berkualitas dari web-web authority) bahkan mereka melakukannya lebih mudah. Kita harus paham bahwa website yang bertraffic ribuan itu bisa dikatakan termasuk kedalam authority site. Kenapa? Karena jika suatu website bertraffic ribuan dari search engine khususnya Google maka secara tersyirat Google telah memberikan trust terhadap website itu.

Jika seseorang telah mempunyai satu website memiliki traffic ribuan maka seharusnya dia akan mudah membangun website dengan traffic ribuan lainnya. Orang-orang yang paham dengan teknik ini akan dengan mudah membangun web bertraffic ribuan lainnya. Caranya? Yaitu dengan cara memasang backlink di web yang bertraffic ribuan itu. Tipe backlink yang digunakan tentu saja Blogroll. Contoh: Saya mempunyai 1 web 12345.COM bertraffic 1000 UV/Day. Lalu saya membangun lagi 5 buah website dan semua web tersebut dikasih backlink blogroll dari web 12345.COM yang bertraffic 1000 UV/Day tadi. Disamping itu saya juga membangun tipe backlink lainnya untuk menyeimbangkan backlink yang datang supaya terlihat natural untuk masing- masing web tersebut. Dalam 2-4 bulan kelima web tersebut biasanya akan menyusul traffic web 12345.COM yang 1000 UV/Day tadi. Anggaplah sekarang web 12345.COM yang asalnya bertraffic 1000 UV/Day tadi sudah menyerupai web spam dan siap- siap mendapatkan penalty. Ok, that's fine. Sekarang kita telah memiliki 5 buah web lainnya yang bersiap memiliki traffic 1000 UV/Day bahkan lebih dan terjadilah duplikasi.

Benarkah efek blogroll sehebat itu? Dalam beberapa kasus ya, dan saya telah membuktikannya. Dan itu pula lah yang dilakukan beberapa web master adsense. Tentunya hal ini harus ditunjang pula dengan kondisi web baru tersebut, berkualitas dari segi content dan tetap dibantu natural link building.

Detail langkah untuk melakukan cara ini.
  1. Buat website dengan cara yang sama dengan cara yang pertama, kecuali untuk link buildingnya.
  2.  Update content teratur
  3. Tingkatkan DA/PA website, bisa menggunakan metode profile backlink
  4. Lakukan link building secara natural, social bookmark, blog comments, etc.
  5. Cari sumber backlink yang mempunyai authority tinggi / pasang blogroll di web berauthority tinggi. Saya akan memasang blogroll setelah website baru tersebut sudah memiliki 50 posting artikel.

About Unknown

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply