Apa itu Web 2.0
Apa itu yang Dimaksud Web 2.0 ? -  Free Blog (web 2.0) Networks adalah private blog network yang berasal dari free blogs seperti wordpress.com, blog.com, tumblr.com, livejournal.com, edublogs.org, sosblogs.com, insanejournal.com, soup.io dan lain-lain. Free Blog Networks bisa menjadi alternatif dari PBN yang menggunakan TLD (Tire Top Level Domain) karena tentu saja kita bisa membuat Free Blog (web 2.0) Networks ini secara gratis.

Beberapa orang mungkin sudah familiar dengan yang namanya Dummy blog yang dapat diartikan sebagai blog pendukung web utama khususnya untuk keperluan backlink / SEO. Konsep Free Blog Networks bisa dikatakan mirip dengan Dummy blog dimana sebagai pendukung web utama untuk keperluan backlink / SEO.

Apakah backlink yang berasal dari Free Blog Networks powerfull?
Ini akan bergantung kepada kualitas Free Blog Networks itu sendiri, tetapi secara umum backlink dari Free Blogs masih berpengaruh terhadap SEO.

Sebelum kita bahas lebih lanjut tentang FBN maka kita perlu memahami tentang beberapa hal salah satunya adalah spun content.

Apakah backlink yang berasal dari web / blog / halaman yang memiliki spun artikel dapat menyebabkan penalty?
Penalty ini dapat terjadi oleh system algorithm, jadi membutuhkan waktu bagi Google untuk mengevaluasi dan memberikan hasil. Terjadi pro dan kontra mengenai hal ini, karena ada juga yang bilang bahwa backlink yang berasal dari web / blog / halaman yang memiliki spun artikel tidak menyebabkan penalty. Berikut ini penjelasannya.

Kenapa dapat menyebabkan penalty? (Sebelumnya kita harus paham bahwa penalty ini artinya hukuman, sedangkan penalty dari Google itu sendiri bermacam-macam dan bisa terjadi hanya untuk beberapa keywords / halaman atau bahkan keseluruhan website)

1. Web dengan Spun Content Merupakan Web Spam. 
Web spam merupakan sebuah pelanggaran karena tidak memiliki value untuk user dan tentu saja Google akan memberikan penalty terhadap web / halaman tersebut. Apa yang akan terjadi jika web anda mendapatkan ratusan atau bahkan memiliki banyak sekali backlink yang berasal dari website yang mendapatkan penalty dan mempunyai predikat web spam oleh Google? Tentu saja ini sangat tidak baik untuk website anda dan dapat menyebabkan penalty pula bagi website anda.
Lihat video Webspam Content Violations :

2. Web dengan Spun Content Berpotensi Terkena De-indexed.
Dan kita sudah tau bahwa mempunyai backlink yang berasal dari web de-indexed tidak bagus untuk SEO.

3. Web dengan Spun Content Merupakan Low Quality Site.
Artikel hasil spin akan mengakibatkan spelling and grammar akan kacau.



4. Quality Site and Quality Backlink
Google menginginkan quality site dan quality backlink, dan tentu saja quality backlink berasal dari quality site pula atau setidaknya natural linking. Memiliki backlink yang sengaja kita ciptakan sendiri tentu bukanlah natural links, terlebih lagi sebuah blog network yang mempunyai low quality content sudah jelas dilarang dan dapat menyebakan penalty. Dengan memakai spun content pada setiap blog network yang kita ciptakan tentu akan memiliki content yang identik atau bahkan sama. Kita bisa bayangkan mempunyai 50 blog network dengan conten yang identik, apakah itu bagus untuk SEO? Tentu tidak. Ini jelas dapat menyebabkan penalty. Lalu darimana Google tau bahwa blog-blog yang sengaja kita ciptakan itu adalah blog yang dikelola oleh seseorang untuk kepentingan SEO? Moz.com telah membahasanya disini: http://moz.com/blog/how-google-knows-what-sites-you-control-and-why-it-matters-whiteboard-friday


5. Jadi apabila Anda sudah optimasi dengan menggunakan spun content dan tidak merangking juga maka itu adalah hal wajar.
Sejak panda update untuk keyword- keyword yang serius Kami sudah tidak lagi memakai spun content. Ketika web client terdampak panda update, selama 1 bulan Kami focus menghapus semua backlink yang memakai spun content dan low quality backlink lainnya.

Namun ada pengecualian untuk spun content ini, seperti yang saya bilang sebelumnya bahwa spun content ini masih bisa powerfull untuk web-web atau backlink-backlink berbahasa Indonesia dan saya sudah test itu. Namun saya tetap mendapatkan algorithm penalty dikemudian hari untuk web-web yang memakai backlink dari spun content tersebut. Seperti yang saya bilang diatas jika kita mempunyai banyak backlink yang memiliki content identik satu sama lain maka jelas ini tidak bagus untuk SEO dan bisa berakhir penalty terhadap website kita.

Kami masih menggunakan backlink dari spun content untuk web bahasa Inggris dan masih bisa merangking?

Ada factor lain disitu, seperti yang kita tahu bahwa ada banyak sekali factor yang mempengaruhi SERP dan spun content adalah salah satunya. Tetapi ketika Google mengetahui / menemukannya bukan hal yang mustahil terkena penalty, seperti yang saya bilang penalty yang diakibatkan oleh spun content adalah penalty algorithm dan membutuhkan waktu, selain itu kekuatan keywords / competitor juga berpengaruh, bisa saja keyword tersebut memang low competitor.

Apakah Kami masih menggunakan spun content untuk backlinks?
Ya, sesekali. Saya lebih suka hasil translate dari bahasa lain. Untuk backlink web bahasa Indonesia khususnya blog adsense hampir semuanya menggunakan content hasil scrape dari internet atau dari bahasa lain lalu mentranslate / spin.

Jangan mengambil artikel dari Artikel directory seperti http://ezinearticles.com/ atau yang lainnya, anda bisa bayangkan jika ada webmaster lain mengambil artikel yang sama untuk keperluan backlink lalu melakukan hal yang sama / spin maka tentu akan terjadi duplicate content atau content yang identik yang sangat banyak.

Secara umum Free Blog Networks adalah membuat blog-blog tersebut dari awal. Dengan cara ini maka kita perlu meningkatkan kualitas dari blog-blog baru tersebut agar memiliki page authority yang bagus, lebih jauh lagi agar mempunyai page rank, dan lain-lain hal ini agar berpengaruh secara signifikan terhadap moneysite.

Kriteria Free Blog Networks berkualitas? Pada dasarnya anda tahu criteria sebuah blog berkualitas. Dan hal yang paling mendasar untuk sebuah FBN adalah:
  1. FBN memiliki original artikel, masih diperbolehkan memakai artikel kualitas rendah tetapi diharapkan 100% unique, hindari spun content, kalaupun terpaksa maka pakailah ThebestSpinner minimal 80% unique atau translated articles.
  2.  Memiliki page authority
  3. Blog tersebut memiliki traffic baik dari search engine atau social media
  4.  Memiliki page rank (optional)
Hal yang menarik adalah FBN yang bagus memiliki traffic layaknya blog normal disamping sebagai criteria backlink yang bagus. Hal yang mungkin dilakukan untuk mendapatkan traffic instant sekaligus dapat mempengaruhi authority web tersebut saat ini jawabannya adalah Google plus dan Social bookmarking. Dimana dari kedua platform tersebut sangat mungkin untuk mendatangkan traffic jika kita mempunyai akun G + yang mempunyai banyak teman atau menggunakan website social bookmarks popular. Walaupun tidak menuntut kemungkinan kita masih bisa menggunakan platform backlink yang lain. Tool yang paling umum ditemukan dan mudah didapatkan adalah tool social bookmarking. Oleh karena itu kita akan menggunakan social bookmarks untuk tier 2 FBN ini.

Shortcut untuk mendapatkan FBN berkualitas adalah dengan menggunakan / mencari blog zombie yang bagus. Blog zombie adalah blog yang telah dihapus oleh pemiliknya sehingga blog tersebut bisa deregister kembali oleh kita.

Hal- hal yang harus diperhatikan dalam membuat FBN
  1. Proxy (bila perlu) jika register manual memakai IP dynamic saya kira cukup restart modem
  2. Boleh menggunakan 1 Email address untuk beberapa platform web 2.0
  3. Username / Nama Admin yang berbeda untuk masing-masing web 2.0
  4. Membuat halaman about / contact
  5. Isi profile bio
  6. Gunakan sesekali outbond link ke website-website yang lebih authority
  7. FBN minimal memiliki 5 posting artikel, kalau posting memakai software sebaiknya posting antar artikel memakai jeda
  8. Pilihlah template yang berbeda (optional)10. Gunakan template yang memiliki full view artikel di homepage atau kombinasi summary (optional)
  9. Jangan menggunakan theme yang sama (optional)

Niche yang disarankan untuk FBN?
  1. 50% Blog yang satu niche, misal mau nembak keyword obat herbal maka buatlah PBN tentang pengetahuan obat herbal atau lebih mudahnya cari long tail keyword untuk title atau posting masing-masing artikel
  2. 25% Blog pendidikan (Campur / gado-gado)
  3. 25% Blog personal / pribadi, membahas masalah pribadi tetapi mendekati niche. misal dia posting tentang: Thanks God, kakek saya sembuh penyakitnya gara-gara obat herbal.

Berapakah FBN yang diperlukan?
Ini tergantung competitor anda, kekuatan keywords, anda bisa menggunakan qualitas atau kuantitas (jumlah).

Software yang bisa pake / test untuk membuat web 2.0 blogs:
  1. Manual
  2. GSA
  3.  Senuke XCr
  4. Ultimate Demon
  5. http://www.rankwyz.com
  6. Bookmarking demon (untuk bookmark jika terpisah)
  7.  Xrumer, scrapebox untuk tier 2 (optional)

About Unknown

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply