Tips Menghadapi KonsumenSemua bisnis memerlukan pondasi yang kuat, salah satunya adalah riset yang matang, baik itu riset pangsa pasar (produk), riset kompetitor, dan riset konsumen. Tujuan dari semua riset yang dilakukan adalah untuk membangun pondasi bisnis yang kuat, agar umur bisnis yang akan dijalankan bisa bertahan lama, dan agar Kita lebih mengenal karakter konsumen yang akan dihadapi. Ada banyak hal yang membuat

Pada dasarnya, konsumen mau membeli produk atau jasa yang ditawarkan, beberapa pertimbangan tersebut meliputi faktor 4P seperti berikut :
  1. PAIN (keinginan menghilangkan rasa tidak enak yang sedang dialami)
  2. PROBLEM (keinginan untuk menyelesaikan suatu masalah)
  3. PLEASURE (keinginan untuk mendapat kesenangan)
  4. PREVENTION (keinginan untuk menyediakan solusi sebelum ada masalah)
Tips Menghadapi Konsumen

Keempat faktor tersebut (dari atas ke bawah) sudah diurutkan berdasarkan faktor yang paling urgent atau penting. Semakin urgent, maka konsumen cenderung akan lebih mudah mengeluarkan uang untuk membeli sesuatu dari kita. Kalau kita bisa menjual produk yang memiliki kriteria 4P di atasm, maka bisnis Kita diperkirakan akan booming. Yang namanya Konsumen.... pasti ingin keluhannya hilang (faktor pain), pasti ingin kendalanya lenyap (faktor problem), pasti ingin apa yang ia dambakan segera terwujud (faktor pleasure), dan pasti ingin berhati- hati sebelum masalah terjadi (faktor prevention).


Kondisi bisnis yang baik terjadi saat bagaimana si Pemilik bisnis (Business Owner) mengerti apa yang dibutuhkan oleh calon konsumennya. Mereka melayani konsumennya dengan baik dan memberikan solusi untuk masalah konsumennya, sehingga tercipta relationship yang kuat, bukan sekedar mencari keuntungan materi semata. Dengan memupuk kepedulian yang lebih kepada Konsumen, mencari tau apa yang mereka butuhkan dan apa yang Konsumen inginkan, Kita bisa menjual produk apapun dengan harga yang lebih mahal dari pada harga di pasaran. Karena konsumen Kita telah merasa berhutang budi dengan didengarnya keluhan mereka, diberikan solusi untuk kesulitan mereka, dan yang paling penting, mereka punya teman yang bisa diandalkan, yaitu KITA.

Semoga Bermanfaat...

About Unknown

Hi there! I am Hung Duy and I am a true enthusiast in the areas of SEO and web design. In my personal life I spend time on photography, mountain climbing, snorkeling and dirt bike riding.
«
Next
Posting Lebih Baru
»
Previous
Posting Lama

Tidak ada komentar:

Leave a Reply