Hanpir semua bisnis pasti ada kompetitor atau pesaingnya, baik itu bisnis kecil, menengah, sampai besar sekalipun. Nah, sebenarnya siapa kompetitor Kita ? Tentu mereka adalah para seller yang menawarkan produk yang memiliki niche yang sama dengan Kita (berasal dari perusahaan atau vendor lain, yang bukan dropshipper, agen, atau reseller Kita). Ada beberapa point pertanyaan yang bisa kita cari jawabannya untuk mengukur kelas kompetitor Kita :
- Apa yang mereka katakan untuk melakukan promosi ke calon konsumen ?
- Bagaimana cara mereka menghasilkan uang? (mengumpulkan list, memberi diskon khusus, review konsumen lain untuk meyakinkan, artikel-artikel yang mendidik)
- Mereka unggul di hal apa ?
- Mereka lemah di hal apa ?
- Bagaimana cara mereka menjaga konsumen agar tetap senang? Atau mereka tidak melakukannya?
- Bagaimana mereka dianggap oleh konsumen? Apa persepsi konsumen mengenai mereka?
Tidak ada komentar: